EKSPLORASI KONSEP: MERANGCANG PEMBELAJARAN BERBASIS PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN (UbD)
Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatu.
Salam sejahtera bagi kita semua,
Semoga Bapak/Ibu gruu hebat selalu sehat dan Bahagia. Alhamdulillah,
pada kesempatan ini saya memulai pendidikan PPG Dalam Jabatan piloting 2024 di
UNIVERSITAS TANJUNG PURA . kali ini, masih pada topik 1 "MENERAPKAN
PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN PADA PEMBELAJARAN"
Dimulai pada tahap kedua alur MERDEKA yaitu “EKSPLORASI
KONSEP: MERANCANG PEMBELAJARAN BERBASIS PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN (UbD)”
Dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas, Saya
menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD) untuk merancang pengalaman
belajar yang mendalam dan terarah. Untuk tugas kali ini, fokus saya adalah pada
pembelajaran teks deskriptif di kelas 10. UbD menawarkan pendekatan yang sistematis dengan menempatkan hasil akhir
sebagai titik awal perencanaan, memastikan bahwa setiap aktivitas dan penilaian
terintegrasi dengan tujuan pembelajaran yang jelas.
Langkah
pertama dalam merancang
pembelajaran adalah menentukan tujuan pembelajaran. Tujuan ini harus
spesifik, terukur, dan relevan dengan keterampilan serta pengetahuan yang ingin
dicapai siswa. Dalam konteks teks deskriptif, kita akan menetapkan tujuan yang
mencakup pemahaman elemen-elemen kunci, serta kemampuan siswa untuk menulis dan
mengevaluasi teks deskriptif secara efektif.
Langkah kedua adalah menentukan assessment
pembelajaran. Assessment ini akan dirancang untuk mengukur sejauh mana
siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Baik assessment formatif maupun
sumatif akan digunakan untuk memberikan umpan balik berkelanjutan dan penilaian
akhir yang komprehensif terhadap kemampuan siswa dalam menulis dan menganalisis
teks deskriptif.
Langkah ketiga adalah merancang kegiatan pembelajaran
yang mendukung pencapaian tujuan. Kegiatan ini dirancang untuk melibatkan siswa
secara aktif dan memungkinkan mereka untuk menerapkan pengetahuan dan
keterampilan yang telah dipelajari dalam konteks yang praktis dan kreatif.
Kami percaya
bahwa dengan mengikuti pendekatan UbD, kita tidak hanya akan meningkatkan
pemahaman siswa terhadap teks deskriptif, tetapi juga memfasilitasi proses
pembelajaran yang lebih terstruktur dan berorientasi pada hasil. Selamat
membaca dan semoga informasi ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi para
pendidik dan siswa!
Topik Pembelajaran:
Great Athletes
1.
Menentukan Tujuan pembelajaran pada Mata
Pelajaran Bahasa Inggris kelas X
Memproduksi
teks deskriptf lisan dan teks deskriptif tulis multimoda tentang Great Athletes
sesuai dengan konteks dan tujuan yang hendak dicapai
2.
Menentukan Asesmen dalam pembelajaran
2.1. Assessment Formatif
Assessment diagnostik
kognitif: peserta didik munulis jawaban Kuis singkat untuk menguji pemahaman
siswa tentang elemen teks deskriptif. Kertas tersebut ditempelkan ke dinding
disamping papan tulis
Menulis
deskripsi singkat dari objek atau tempat dengan bimbingan, diikuti oleh umpan
balik dari guru dan teman sejawat.
Diskusi mengenai
teknik dan struktur teks deskriptif dalam berbagai konteks.
2.2. Assessment Sumatif
Proyek Tulis: Siswa menulis teks
deskriptif yang mendalam tentang objek atau tempat tertentu. Penilaian
dilakukan berdasarkan kriteria seperti kejelasan deskripsi, penggunaan bahasa,
dan struktur teks.
Portofolio:
Kumpulan pekerjaan siswa yang menunjukkan kemampuan mereka dalam menulis teks
deskriptif dari waktu ke waktu.
Rubrik yang
mencakup kriteria seperti detail sensorik, organisasi teks, dan penggunaan
bahasa yang efektif untuk menilai tugas akhir.
3.
Merancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan dan assessment awal
3.1. Kegiatan pendahuluan
Apersepsi, menyampaikan tujuan
pembelajaran dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran. Ice breaking jika kelas tersebut berada
di jam akhir
3.2. kegiatan Inti
ü guru menunjukkan gambar-gambar atlet
berprestasi diberbagai cabang olahraga
ü guru memberikan pertanyaan pemantik
ü Pengenalan teks deskriptif; struktur
teks deskriptif (pendahuluan, deskripsi fitur, kesimpulan).
ü Analisis Teks; guru membacakan teks
deskriptif tentang seorang atlet terkenal (misalnya, Veddriq Leonardo) dan
identifikasi elemen kunci (fisik, pencapaian, kepribadian).
ü Latihan
membaca: membaca Bersama dan diskusi struktur teks
ü Latihan menulis
ü Praktik ketrampilan
berbicara
3.3. Kegiatan
Penutup
- v Refleksi
dan diskusi
- v Tanya jawab
- Dokumentasi
Komentar
Posting Komentar