EKSPLORASI KONSEP: MERANGCANG PEMBELAJARAN BERBASIS PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN (UbD)

 

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatu.

Salam sejahtera bagi kita semua,

Semoga Bapak/Ibu gruu hebat selalu sehat dan Bahagia. Alhamdulillah, pada kesempatan ini saya memulai pendidikan PPG Dalam Jabatan piloting 2024 di UNIVERSITAS TANJUNG PURA . kali ini, masih pada topik 1 "MENERAPKAN PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN PADA PEMBELAJARAN"

Dimulai pada tahap kedua alur MERDEKA yaitu “EKSPLORASI KONSEP: MERANCANG PEMBELAJARAN BERBASIS PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN (UbD)”

Dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas, Saya menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD) untuk merancang pengalaman belajar yang mendalam dan terarah. Untuk tugas kali ini, fokus saya adalah pada pembelajaran teks deskriptif di kelas 10. UbD menawarkan pendekatan yang sistematis dengan menempatkan hasil akhir sebagai titik awal perencanaan, memastikan bahwa setiap aktivitas dan penilaian terintegrasi dengan tujuan pembelajaran yang jelas.

Langkah pertama dalam merancang pembelajaran adalah menentukan tujuan pembelajaran. Tujuan ini harus spesifik, terukur, dan relevan dengan keterampilan serta pengetahuan yang ingin dicapai siswa. Dalam konteks teks deskriptif, kita akan menetapkan tujuan yang mencakup pemahaman elemen-elemen kunci, serta kemampuan siswa untuk menulis dan mengevaluasi teks deskriptif secara efektif.

Langkah kedua adalah menentukan assessment pembelajaran. Assessment ini akan dirancang untuk mengukur sejauh mana siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Baik assessment formatif maupun sumatif akan digunakan untuk memberikan umpan balik berkelanjutan dan penilaian akhir yang komprehensif terhadap kemampuan siswa dalam menulis dan menganalisis teks deskriptif.

Langkah ketiga adalah merancang kegiatan pembelajaran yang mendukung pencapaian tujuan. Kegiatan ini dirancang untuk melibatkan siswa secara aktif dan memungkinkan mereka untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dalam konteks yang praktis dan kreatif.

Kami percaya bahwa dengan mengikuti pendekatan UbD, kita tidak hanya akan meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks deskriptif, tetapi juga memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih terstruktur dan berorientasi pada hasil. Selamat membaca dan semoga informasi ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi para pendidik dan siswa!

Topik Pembelajaran:

Great Athletes

 

1.    Menentukan Tujuan pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas X

Memproduksi teks deskriptf lisan dan teks deskriptif tulis multimoda tentang Great Athletes sesuai dengan konteks dan tujuan yang hendak dicapai

 

2.    Menentukan Asesmen dalam pembelajaran

2.1. Assessment Formatif

* Assessment diagnostik kognitif: peserta didik munulis jawaban Kuis singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang elemen teks deskriptif. Kertas tersebut ditempelkan ke dinding disamping papan tulis

* Menulis deskripsi singkat dari objek atau tempat dengan bimbingan, diikuti oleh umpan balik dari guru dan teman sejawat.

* Diskusi mengenai teknik dan struktur teks deskriptif dalam berbagai konteks.

 

2.2.     Assessment Sumatif

* Proyek Tulis: Siswa menulis teks deskriptif yang mendalam tentang objek atau tempat tertentu. Penilaian dilakukan berdasarkan kriteria seperti kejelasan deskripsi, penggunaan bahasa, dan struktur teks.

* Portofolio: Kumpulan pekerjaan siswa yang menunjukkan kemampuan mereka dalam menulis teks deskriptif dari waktu ke waktu.

* Rubrik yang mencakup kriteria seperti detail sensorik, organisasi teks, dan penggunaan bahasa yang efektif untuk menilai tugas akhir.

 

 

3.    Merancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan dan assessment awal

3.1. Kegiatan pendahuluan

Apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran. Ice breaking jika kelas tersebut berada di jam akhir

 

 

3.2. kegiatan Inti

ü guru menunjukkan gambar-gambar atlet berprestasi  diberbagai cabang olahraga

ü guru memberikan pertanyaan pemantik

ü Pengenalan teks deskriptif; struktur teks deskriptif (pendahuluan, deskripsi fitur, kesimpulan).

ü Analisis Teks; guru membacakan teks deskriptif tentang seorang atlet terkenal (misalnya, Veddriq Leonardo) dan identifikasi elemen kunci (fisik, pencapaian, kepribadian).

ü Latihan membaca: membaca Bersama dan diskusi struktur teks

ü Latihan menulis

ü Praktik ketrampilan berbicara

 

3.3. Kegiatan Penutup

  • v Refleksi dan diskusi
  • v Tanya jawab
  • Dokumentasi

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mulai Dari Diri: TABEL 1.1 RUBRIK CHECKLIST PERENCANAAN PEMBELAJARAN UNDERSTANDING BY DESIGN (UbD)

Application Letter (Surat Lamaran Pekerjaan)

XII_Offering Services/Help