Mulai Dari Diri: TABEL 1.1 RUBRIK CHECKLIST PERENCANAAN PEMBELAJARAN UNDERSTANDING BY DESIGN (UbD)
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,
Dimulai pada tahap pertama alur MERDEKA yaitu “MULAI DARI DIRI: MERANCANG PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF.”
Tahap ini sangat penting karena menggarisbawahi bahwa efektivitas pembelajaran tidak hanya bergantung pada materi yang disampaikan, tetapi juga pada bagaimana kita sebagai pendidik merancang dan melaksanakan proses tersebut. “Mulai dari Diri” menekankan pentingnya refleksi dan pemahaman mendalam mengenai kekuatan dan kelemahan kita sendiri dalam konteks pengajaran. Dengan mengenali dan mengembangkan aspek-aspek diri kita sebagai pendidik, kita dapat merancang pengalaman belajar yang lebih baik dan lebih berdampak bagi siswa kita.
untuk itu saya akan mengisi rubrik checklist berikut
Tabel 1.1 Rubrik Checklist Perencanaan Pembelajaran
No |
Pernyataan |
Selalu |
Jarang\ |
Tidak Pernah |
1 |
Dalam merencanakan pembelajaran, saya memilih capaian pembelajaran (CP) terlebih dahulu. |
√
|
|
|
2 |
Setelah memilih capaian pembelajaran (CP), saya menurunkannya menjadi tujuan pembelajaran (TP), dan kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran (KKTP). |
√
|
|
|
3 |
Setelah menentukan KKTP, saya merancang asesmen untuk mengukur ketercapaian TP yang telah ditetapkan. |
|
√
|
|
4 |
Dalam merencanakan pembelajaran, saya merancang asesmen awal. |
√
|
|
|
5 |
Tujuan pembelajaran dan asesmen saya gunakan sebagai dasar untuk merancang kegiatan pembelajaran. |
√
|
|
|
6 |
Kegiatan pembelajaran saya rancang untuk mencapai tujuan pembelajaran. |
√
|
|
|
7 |
Saya merencanakan pembelajaran selanjutnya berdasarkan hasil asesmen formatif untuk memaksimalkan ketercapaian tujuan pembelajaran. |
√
|
|
|
Bapak/lbu guru, setelah mengisi rubrik
checklist, refleksikan bagaimana
hasil rubrik tersebut berhubungan dengan
pengalaman Bapak/lbu merancang pembelajaran?
Baik. Setelah mengisi rubrik checklist, saya menyadari bahwa pendekatan saya dalam merancang pembelajaran sangat terstruktur dan sistematis, meskipun ada beberapa area yang masih perlu pengembangan. Saya selalu memulai dengan memilih capaian pembelajaran (CP) terlebih dahulu, yang memberikan dasar yang kuat untuk menetapkan tujuan pembelajaran (TP) dan kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran (KKTP). Hal ini membantu saya memastikan bahwa setiap aktivitas dan asesmen yang dirancang mendukung pencapaian tujuan tersebut. Namun, saya juga menyadari bahwa merancang asesmen untuk mengukur ketercapaian TP setelah menentukan KKTP adalah langkah yang jarang saya lakukan. Padahal, asesmen yang tepat sangat penting untuk mendapatkan umpan balik yang akurat mengenai efektivitas pembelajaran. Selain itu, saya selalu merancang asesmen awal untuk memahami tingkat pengetahuan siswa, yang kemudian saya gunakan untuk menyesuaikan kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan TP dan asesmen sebagai dasar untuk merancang kegiatan pembelajaran, serta merencanakan pembelajaran berikutnya berdasarkan hasil asesmen formatif, saya berusaha memaksimalkan ketercapaian tujuan pembelajaran. Kesimpulannya, meskipun ada aspek yang perlu diperbaiki, pendekatan saya secara keseluruhan mendukung proses pembelajaran yang terstruktur dan responsif terhadap kebutuhan siswa
Terima kasih
telah mengikuti pembelajaran saya pada alur Mulai dari diri. Saya menghargai
partisipasi dan antusiasme Bapak/ibu hebat semuanya. Semoga informasi yang telah saya lakukan hari ini dapat memberikan wawasan dan inspirasi baru dalam merancang
pembelajaran yang lebih efektif.
Jangan ragu untuk menerapkan apa yang telah saya pelajari dan terus mengembangkan keterampilan Anda sebagai pendidik. Jika ada pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman, silakan tinggalkan komentar di bawah atau hubungi saya.
Salam Bahagia Bapak/Ibu guru hebat se-indonesia
wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatu![]() |
Oktiana No UKG. 201502908604 NIM.F4291241100 |
Komentar
Posting Komentar